|
STANDAR |
PELAYANAN |
SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL
STANDAR PELAYANAN : PELAYANAN LEGALISIR FOTOKOPI IJAZAH & PENERBITAN SURAT KETERANGAN
|
A. Service Delivery |
||
|
1 |
Persyaratan |
PERSYARATAN LEGALISIR FOTOKOPI IJAZAH
3. Fotocopy KTP pemohon 1 (satu) lembar; 4. Mengisi formulir dan menandatangani surat pernyataan tanggungjawab mutlak;
PERSYARATAN PENERBITAN SURAT KETERANGAN
(bila ada);
kepala sekolah;
|
|
2 |
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur :
|
|
|
3 |
Jangka Waktu Pelayanan |
1 (satu) jam , apabila kepala sekolah ada di tempat |
|
4 |
Biaya/Tarif |
Tidak dipungut biaya / Gratis |
|
5 |
Produk Pelayanan |
- Layanan Legalisir Fotokopi Ijazah - Layanan Penerbitan Surat Keterangan |
|
6 |
Penangan pengaduan saran, dan masukan / apresiasi |
1. Pengaduan diterima melalui : - Langsung ke SMP Negeri 1 Sumbergempol
|
|
B. Manufacturing |
||
|
|
Dasar Hukum |
|
|
2 |
Sarana dan prasarana, dan/atau fasilitas |
|
|
3 |
Komptensi Pelaksana |
|
|
4 |
Pengawasan Internal |
|
|
5 |
Jumlah Pelaksana |
1 (satu) orang terdiri dari :
|
|
6 |
Jaminan Pelayanan |
pelayanan |
|
7 |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
Penyelenggaraan pelayanan dilaksanakan di Ruang/Gedung yang memiliki tingkat keamanan dankenyamanan yang baik. |
|
8 |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
|
|
STANDAR |
PELAYANAN |
SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL
STANDAR PELAYANAN : PELAYANAN KUNJUNG PERPUSTAKAAN
|
A. Service Delivery |
||||
|
1 |
Persyaratan |
|
||
|
2 |
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur :
|
|||
|
3 |
Jangka Waktu Penyelesaian |
15 menit |
||
|
4 |
Biaya/Tarif |
Tidak dipungut biaya / Gratis |
||
|
5 |
Produk Pelayanan |
- Layanan Kunjung ke Perpustakaan |
||
|
6 |
Penangan pengaduan saran, dan masukan / apresiasi |
1. Pengaduan diterima melalui : - Langsung ke SMP Negeri 1 Sumbergempol
|
||
|
B. Manufacturing |
||||
|
|
Dasar Hukum |
|
||
|
2 |
Sarana dan prasarana, dan/atau fasilitas |
|
||
|
3 |
Komptensi Pelaksana |
|
||
|
4 |
Pengawasan Internal |
|
||
|
5 |
Jumlah Pelaksana |
1 (satu) orang terdiri dari :
|
||
|
6 |
Jaminan Pelayanan |
|
||
|
7 |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
|
||
|
8 |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
|
||
|
STANDAR |
PELAYANAN |
SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL
STANDAR PELAYANAN : PELAYANAN UNIT KESEHATAN SEKOLAH (UKS)
|
A. Service Delivery |
|||
|
1 |
Persyaratan |
1. Pelayanan kesehatan diberikan kepada: a. Peserta didik / pasien dalam kondisi sakit untuk mendapatkan penanganan dini; b. Peserta didik / pasien membutuhkan istirahat untuk memulihkan kondisinya; c. Peserta didik / pasien membutuhkan mengukur tinggi badan atau menimbang berat badan sebagai bentuk layanan kesehatan; d. Peserta didik / pasien membutuhkan konsultasi atau konseling kesehatan. 2. Hadir langsung ke UKS dengan melakukan: a. Registrasi tamu pada Buku Kunjungan b. Mengutarakan keluhan kesehatan yang dialami. |
|
|
2 |
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur : 1. Jika kejadian di kelas, yang pertama menangani adalah guru yang sedang mengajar di kelas terkait. Jika kejadian di luar kelas, yang pertama menangani adalah guru piket/guru yang berada di sekitar tempat kejadian/guru yang mendapatkan laporan langsung dari peserta didik. Wali kelas harus segera dilapori tentang kejadian tersebut; 2. Peserta didik yang mengalami kecelakaan/sakit di lingkungan sekolah dibawa ke UKS oleh guru/ peserta didik lain, dengan seizin guru piket, dan ditangani langsung oleh Petugas UKS; 3. Petugas/Kader mencatat identitas peserta didik dan keperluannya; 4. Jika kecelakaan/sakit yang dialami oleh peserta didik tidak serius, maka Petugas UKS akan memberikan perawatan seperlunya sesuai dengan kondisi peserta didik; 5. Petugas UKS dapat merekomendasikan peserta didik untuk kembali ke kelas, beristirahat di ruang UKS atau dijemput pulang oleh orang tua/wali jika yang bersangkutan perlu istirahat di rumah. Guru Piket/wali kelas menghubungi orang tua peserta didik tersebut; 6. Jika sakit/kecelakaan di lingkungan sekolah yang dialami oleh peserta didik serius, tergantung keadaan, Petugas UKS/wali kelas, atas sepengetahuan minimal wakil kepala sekolah, membawa peserta didik ke klinik/rumah sakit terdekat sambill menunggu orangtua/wali. Sebaliknya, jika masih bisa menunggu, petugas UKS/wali kelas menunggu kedatangan orangtua/wali peserta didik untuk penanganannya. Sekolah/wali kelas memonitor keadaan peserta didik; 7. Wali Kelas dan Petugas UKS membuat laporan tertulis kejadian sakit/kecelakaan ke Kepala Sekolah dan mengarsipkan laporannya. 8. Pasien UKS setelah sehat mengisi SKM 9. Selesai |
||
|
3 |
Jangka Waktu Penyelesaian |
Apabila peserta didik/Pasien yang masih beristirahat di UKS, maka petugas yang memberikan pendampingan maksimal 1 (satu) jam setelah peserta didik/pasien mendapatkan perawatan dan membaik. |
|
|
4 |
Biaya/Tarif |
Tidak dipungut biaya / Gratis |
|
|
5 |
Produk Pelayanan |
- Layanan Perawatan dan pengecekan kesehatan |
|
|
6 |
Penangan pengaduan saran, dan masukan / apresiasi |
1. Pengaduan diterima melalui : - Langsung ke SMP Negeri 1 Sumbergempol
|
|
|
B. Manufacturing |
|||
|
|
Dasar Hukum |
|
|
|
2 |
Sarana dan prasarana, dan/atau fasilitas |
1. Ruang tamu dengan pendingin ruangan 2. Buku Tamu 3. ATK 4. Almari, meja dan kursi 5. Tempat tidur, kasur, bantal, perlak, sprei sarung bantal 6. Gorden 7. Dispenser 8. Timbangan dan pengukur tinggi badan 9. P3K Kit 10. Senter 11. Tandu 12. Oksigen 13. Termometer 14. Tensimeter 15. Obat-obatan 16. Gelas 17. Minum 18. Alat dan kebutuhan kebersihan |
|
|
3 |
Komptensi Pelaksana |
1. Petugas yang memiliki pengetahuan P3K, 2. Petugas yang memiliki pengetahuan tentang,kesehatan yang menjadi tugas pokok dan fungsi serta program-program kegiatan yang dilakukan oleh Sekolah, 3. Petugas yang memiliki kemapuan dan keterampilan khusus dalam penanganan P3K, 4. Petugas yang mampu berkomunikasi dengan baik, berkoordinasi, bertanggung jawab, tertib administrasi, 5. santun dan dapat memberikan pelayanan prima. |
|
|
4 |
Pengawasan Internal |
|
|
|
5 |
Jumlah Pelaksana |
|
|
|
6 |
Jaminan Pelayanan |
Pelayanan perawatan yang diberikan dengan sabar, ramah, cepat, tepat dan dapat dipertanggung jawabkan. |
|
|
7 |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
1. Petugas yang memberikan perawatan telah mendapatkan pembelajaran/pelatihan P3K dari ekstra PMR. 2. Keselamatan pengguna layanan Usaha Kesehatan Sekolah menjadi tanggung jawab mutlak pihak SMP Negeri 1 Sumbergempolo selama berada di sekolah. |
|
|
8 |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
|
|
|
STANDAR |
PELAYANAN |
SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL
STANDAR PELAYANAN : PELAYANAN KONSULTASI DAN PENGADUAN
|
A. Service Delivery |
||
|
1 |
Persyaratan |
Konsultasi dan Pengaduan Secara Langsung
Konsultasi dan Pengaduan Secara Tidak Langsung (Online) Pemohon dapat mengirimkan saran/kritik/laporan ke alamat email/website/media sosial sekolahdengan menyebutkan identitias, alamat dan nomor telepon |
|
2 |
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur |
Keterangan :
|
|
|
|
disebutkan pemohon dan akan diteruskan pada pejabat pengaduan / tim pengaduan ;
|
|
3 |
Jangka Waktu Pelayanan |
Jangka Waktu Tindaklanjut Penyelesaian Pengaduan (Permen PAN & RB 62/2018)
|
|
4 |
Biaya/Tarif |
Tidak dipungut biaya / Gratis |
|
5 |
Produk Pelayanan |
Layanan Konsultasi dan Pengaduan |
|
6 |
Penangan pengaduan, saran dan masukan/apresiasi |
|
|
B. Manufacturing |
||
|
1 |
Dasar Hukum |
Pendapat di Muka Umum
sebagaimana telah diubah dengan UU No. 9 Tahun 2015
Perangkat Daerah;
Penetapan Standar Pelayanan Minimal;
Pengelolaan Pengaduan Masyarakat;
|
|
2 |
Sarana an prasarana, dan/atau fasilitas |
|
|
3 |
Komptensi Pelaksana |
Kepala Sekolah
Pendidik sebagai Pejabat Pengaduan
Pendidik / Tenaga Kependidikan sebagai Pengelola Pengaduan
|
|
4 |
Pengawasan Internal |
Pengawasan internal terhadap proses maupun produk pelayanan dilakukan secara berkelanjutan dan dipantau oleh :
|
|
5 |
Jumlah Pelaksana |
Tim Pengelola Pelayanan Penanganan Pengaduan Dinas Pendidikan terdiri dari :
|
|
6 |
Jaminan Pelayanan |
|
|
7 |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
atasan langsung |
|
8 |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
mekanisme manajeman pelayanan pengaduan. |